Tiada Hari Tanpa Prestasi ... Untuk membangun Haris Esok Yang Lebih Baik.
Apapun yang Anda pikirkan, gagal atau sukses adalah benar.
Bayangan selalu lebih besar dari aslinya, apapun itu!
Memang baik menjadi orang penting, tetapi lebih penting menjadi orng baik.
Tak seorang pun dapat membuat Anda sakit hati, kecuali Anda menghendakinya.
Apapun yang Anda pikirkan, gagal atau sukses adalah benar.
Image. 1 Image. 2 Image. 3 Image. 4 Image. 5 Image. 6

Profil Yayasan

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

PROFIL YAYASAN

NO
URAIANKETERANGAN
1  Nama Sekolah  Perguruan Darul Funun El Abbasiyah
2  N.I.S  -
3  N.S.S/NPSN  212130702028/10301342
4  NSB  -
5  Alamat Sekolah  Jl. Tanjuang Rongik
6  Kecamatan  Guguak
7  Kabupaten / Kota  Lima Puluh Kota
8  Propinsi  Sumatera Barat
9  Kode Pos  26253
10  Telepon / Faximile  ( 0752 ) 97738
11  Email  darulfununelabbasiyah@yahoo.co.id
12  Status Sekolah  Swasta
13  Kegiatan Belajar Mengajar  Pagi, Sore, dan Malam
14  Nama Yayasan  Darul Funun El Abbasiyah Padang Jopang
15  Nomor Akte Pendirian  WC/3/KTSP/PP.0302/068/2000
16  Tahuin Berdiri Sekolah  1997
17  Luas Tanah / Bangunan  8870 M2 / 1260 M2
18  Status Tanah / Kepemilikan  Milik Sendiri
19  Status Bangunan  Milik Sendiri
20  Nomor Sertifikat Tanah  61
21  Status Akreditasi / Tahun  C/2008 - 2009


1. Sejarah Ringkas 

Awal berdirinya, Perguruan Darul Funun El Abbasiyah (Pesantren DFA) lebih dikenal dengan sebutan Pengajian Surau Godang atau Pengajian Syekh Datuak Jabok yang didirikan pada tahun 1875 oleh Syekh Abdullah (1830-1903), dengan tujuan sebagai sarana dakwah Islamiyah yang memberikan pendidikan dan pemahaman Islam secara Kaffah (menyeluruh) kepada masyarakat di sekitar surau disertai dengan pembinaan semangat perjuangan dalam menghadapi penjajah. Surau Datuak Jabok inilah kemudian yang berubah nama menjadi Perguruan Darul Funun El Abbasiyah Padang Japang sampai hari ini, walaupun pada tahun 1940-an pernah juga berobah nama menjadi Perguruan Thawalib Padang Japang. 

Setelah Syekh Abdullah wafat, pengembangan Perguruan dilanjutkan oleh kedua putra beliau, yaitu Syekh Mustafa Abdullah dan Syekh Abbas Abdullah. Dalam masa kepemimpinan mereka inilah Pesantren DFA menjadi Perguruan yang besar dan ternama sehingga murid-muridnya waktu itu banyak juga yang berasal dari luar Indonesia seperti Thailand, Malaysia, Singapura dan Philipina. Setelah wafatnya Syekh Abbas Abdullah (1957), ditambah dengan terjadinya pergolakan di Sumatera Barat, kegiatan Perguruan mulai menurun bahkan pernah mengalami kevakuman pada tahun 80-an. 

Pada tahun 1987 dikukuhkanlah kepengurusan Yayasan DFA untuk menggerakkan kembali kegiatan pendidikan yang sempat vakum. Yayasan DFA ini merupakan pengembangan dari Badan Wakaf Darul Funun El Abbasiyah Padang Japang, Dimana Badan Wakaf Darul Funun yang dibentuk oleh Syekh Abbas Abdullah tahun 1954 dirubah menjadi Yayasan Darul Funun El Abbasiyah dengan akte notaries No. 61 tahun 1987. 

Pada tahun 1998 Madrasah Tsanawiyah bisa dihidupkan kembali dan disusul dengan tingkat Aliyah pada tahun 2002.Kemudian secara bertahap Yayasan DFA melakukan pembenahan secara menyeluruh dan berbagai aspek di Pesantren DFA sebagai Perguruan terkemuka dan terdepan dalam bidang pendidikan agama dan umum. 

Dalam rangka mengembangkan Perguruan DFA ini agar lebih mampu menghadapi persaingan dunia pendidikan ke depan maka Yayasan DFA telah menyusun Rencana Induk Pengembangan Kampus DFA (RIP DFA). RIP ini meliputi pembangunan fisik, sarana, prasarana, pengembangan SDM pengajar, pengembangan kreatifitas siswa dan program pengembangan kurikulum. RIP ini bertujuan agar pengembangan Perguruan DFA bisa terprogram dan terencana dengan baik, dalam semua sektor. Dalam RIP ini juga disusun program jangka pendek, menengah dan panjang arah pengembangan Pesantren DFA.

2. Kondisi Objektif MTs DFA 

Madrasah Tsanawiyah Darul Funun El-Abbasiyah telah semakin berkembang dengan baik, yang dikelola oleh 21 orang tenaga pendidik tamatan dari bermacam-macam perguruan tinggi di Indonesia, dan jumlah siswa keseluruhannya adalah 159 orang 

Dari segi kwalitas pendidikan bisa dikatakan MTs DFA bisa dikatakan cukup baik karena sudah terakreditasi, ditambah lagi dari tahun ke tahun tingkat kelulusan UN bisa dikatakan bagus karena rata-rata kelulusan TIGA TAHUN TERAKHIR 100% 

Berbagai prestasi juga sudah diukir oleh MTs DFA seperti:
  1. Peraih Medali Emas pada POSPEDA 2010, dalam bidang olah raga: Badminton, dan silat   sekaligus mewakili Sumatera barat untuk tingkat Nasinal di Surabaya.
  2. Terbaik I dalam rangka pengelolaan Madrasah Tingkat kab. 50 kota tahun 2010, Negeri dan swasta tingkat MTs
  3. Mendapat nilai tertinggi hasil UAMBN tahun 2011 tingkat MTs
  4. Terpilih sebagai Madrasah Tsanawiyah Terfavorit di lingkungan Kementerian Agama Kab. Lima Puluh Kota Th. 2011
  5. Peraih Peringkat I Nilai rata-rata UN Tk. Kab. Lima Puluh Kota Satuan MTs (Negeri/Swasta) Th. 2011
  6. Lulus 100% UN Tahun 2010,2011 dan 2012
Dari berbagai hal yang disampaikan diatas bisa dikatakan bahwa itu merupakan bagian dari upaya untuk terus memajukan MTs DFA dari berbagai sisi walaupun dengan segala keterbatasan yang ada baik dari sarana maupun prasarana. Keterbatasan tersebut tentu tidak terlepas dari berbagai factor namun yang paling krusial adalah keterbatasan dana untuk pengadaan fasilitas-fasilitas pendukung maupun pengembangannya.

Diantara sarana pendukung pendidikan yang belum memadai adalah belum tersedianya

• Perpustakaan yang layak
• Ruangan labor dan peralatannya
• Tambahan Ruang Kelas Baru, karena Alhamdulillah siswanya semakin bertambah banyak. 



Padang Jopang, 14 Agustus 2012 
KEPALA MTs



Drs. ADIA PUTRA
NIP. 1954 0302 1990 02 1 001

Ditulis Oleh : Darulfunun El Abbasiyah

Saudara Sedang Membaca Posting Perguruan " Darul Funun El Abbasiyah " Yang Berjudul : Profil Yayasan Silahkan Berikan Kritikan dan Saran Saudara Demi Kemajuan Blog Kecil Ini, dan Terima Kasih Atas Kunjungannya, Mudah Mudahan Bermanfaat dan Jadil Amal Ibadah Bagi Kita Semua

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berikan komentar yang baik dan bermanfaat